MATERI
BILANGAN REAL
URAIAN
Operasi bilangan real (bilangan bulat, bilangan pecahan, bentuk persen dan
pecahan desimal)
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan harga beli jika diketahui
harga jual dan persentase kerugian
Contoh Soal
1. Toko buku “Mawar” menjual 1 set alat
menggambar seharga Rp315.000,00 dimana
harga jual tersebut
termasuk rugi 10%,
maka harga beli
alat menggambar adalah ....
A. Rp284.500,00
B. Rp346.500,00
c. Rp350.000,00
D. Rp360.000,00
E. Rp380.000,00
Pembahasan
Kunci C
Harga beli dengan rugi p% adalah = Harga jual × 

Harga beli =
Rp315.000,00 × 

= Rp315.000,00 × 

= Rp350.000,00
Jadi harga
beli 1 set alat menggambar Rp350.000,00
2. Pedagang elektronik
menjual televisi 14
inci seharga Rp1.500.000,00 dan
memperoleh kerugian 25% dari penjualan tersebut, maka harga
pembelian pedagang itu adalah ....
A. Rp
1.750.000,00 C. Rp. 2.150.000,00 E. Rp.
2.300.000,00
B. Rp. 2.000.000,00 D. Rp. 2.250.000,00
Pembahasan
Kunci B
Harga beli dengan rugi p% adalah = Harga
jual × 

Harga beli =
Rp1.500.000,00 × 

=
Rp1.500.000,00 × 

= Rp. 2.000.000,00
Jadi harga beli 1 televisi 14
inci Rp. 2.000.000,00

MATERI
BENTUK AKAR
URAIAN
Bilangan irasional (bentuk akar)
INDIKATOR
Siswa dapat merasionalkan pecahan bentuk akar.
Contoh Soal
3. Bentuk rasional dari
adalah ....

A. 

B. 

c.

D.

E. 

Pembahasan
Kunci C





4. Bentuk rasional dari
adalah ...

A.
B.
C.
D.
E. 





Pembahasan
Kunci C







MATERI
FUNGSI KUADRAT
URAIAN
Fungsi kuadrat
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat
jika diketahui titik puncak P (k, l) serta melalui titik A (x,y)

Contoh Soal
5. Perhatikan gambar di samping!
Persamaan
kuadrat yang sesuai
dengan grafik di samping adalah ....
A. y = –x2
– 2x – 3 D. y = x2 + 2x + 3
b. y = –x2
+ 2x + 3 E. y = x2 – 2x – 3
C. y = –x2
– 2x + 3
Pembahasan
Kunci B
Fungsi kuadrat yang mempunyai puncak P (M, N) serta melalui titik A (x,y)
mempunyai persamaan


P (1,4) dan A (2,3) → M = 1 → N =
4 → x = 2 → y = 3
y = a (x – M)2 + N
3
= a (2 – 1)2 + 4
3
= a . 1 + 4
3
= a + 4
a
= –1

- Grafik fungsi kuadrat f(x) = x² + bx + 4 menyinggung garis y = 3x + 4. Nilai b yang memenuhi adalah…..
Pembahasan :
Syarat Kedudukan suatu garis terhadap
grafik fungsi kuadrat :
(i)
Berpotongan
di dua titik memotong jika D > 0
(ii)
Berpotong
di satu titik (menyinggung) jika D = 0
(iii)
Tidak
berpotongan (terpisah) jika D < 0
D = 0
b² - 4ac = 0
(b – 3)² - 4 (1)(0) = 0
(b – 3)² = 0
b = 3
MATERI VOLUME BENDA PUTAR (INTEGRAL)
URAIAN
Volume benda putar
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan volume
benda putar jika di putar terhadap sumbu x sejauh 360°
Contoh Soal
6. Volume benda putar yang terjadi jika fungsi y
= 2x – 4 di batasi x = 2 dan x = 4,
diputar mengelilingi sumbu x sejauh 360° adalah ....
A.
π satuan volume C.
π satuan volume e.
π satuan volume



B.
π satuan volume D.
π satuan volume


Pembahasan
Kunci E
V = π
= π
= π



= π
= π
= π 



=
π satuan volume

2.
Nilai
dari
.......

Pembahasan :





3.
Nilai
Dari
……

Pembahasan :








MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN
LINEAR
URAIAN
Persamaan dan pertidaksamaan
linear.
INDIKATOR
Siswa dapat menyelesaikan sistem
persamaan linear 2 variabel.
Contoh Soal
7. Sistem
persamaan:

mempunyai
penyelesaian x dan y, maka nilai dari x + y adalah ....
a. 2 B. 3 C.
4 D. 5 E. 6
Pembahasan
Kunci B






Untuk p = 





q = -1
p =
q = 





Sehingga x + y = 3 + ( - 1 ) = 2
MATERI NILAI OPTIMUM (PROGRAM LINEAR)
URAIAN
Nilai optimum fungsi obyektif
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan nilai
maksimum dari grafik penyelesaian pertidaksamaan linear.
Contoh Soal

Grafik di
samping adalah penyelesaian dari
pertidaksamaan
linear, nilai maksimum untuk
fungsi obyektif
f (x,y) = 2x + y adalah ....
A. 28 C. 24 E. 8
b. 26 D. 18
Pembahasan
Kunci B
X
|
y
|
f (x,y) = 2x + y
|
Jumlah
|
12
10
4
0
|
0
6
10
8
|
24 + 0
20 + 6
8 + 10
0 + 8
|
24
26
18
8
|
Maka nilai maksimumnya adalah 26
MATERI OPERASI PADA MATRIKS
URAIAN
Operasi pada matriks
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan nilai dari
operasi matriks.
Contoh Soal
9. Jika A =
, B =
, maka
= ...



A.
C.
e. 



B.
D. 


Pembahasan
Kunci E




= 

MATERI OPERASI VEKTOR PADA BIDANG DATAR
(VEKTOR)
URAIAN
Operasi vektor pada bidang datar
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan panjang
suatu vektor
Contoh Soal
10. Jika
= i + 11j dan
= 6i + 13j, dan
, maka panjang
vektor
adalah ....




a. 25
B. 17
C. 14
D. 9
E. 4
Pembahasan
Kunci A




Panjang vektor
= 


11. Diketahui vektor
=
+ 2
+ m
dan
= 2
- 10
+ 2
. Jika nilai
.
= 0, maka nilai
m = ....










A. 18 B. 9 C. 6 D. 3 E. -16
Pembahasan
Kunci B


= 1. 2 + 2 .
(-10) + m . 2 = 0
2 – 20 + 2m = 0
- 18 + 2m = 0
2m = 18
m = 9
12. Jika sudut antara vektor
dan vektor
adalah α, maka
besarnya α = ...


A. 180o B. 150o C. 120o D.
90o E. 60o
Pembahasan
Kunci E








MATERI
KELILING KONVERS, INVERS DAN KONTRA POSISI
(LOGIKA MATEMATIKA)
URAIAN
Konvers, invers, dan kontra
posisi
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan invers
dari suatu implikasi
Contoh Soal
13.
Invers dari implikasi
”Jika saya lulus
dari SMK maka
saya akan berwirausaha” adalah
...
A. Jika saya tidak berwirausaha maka saya lulus
dari SMK.
B. Jika saya tidak berwirausaha maka saya tidak
lulus dari SMK.
c. Jika saya tidak lulus SMK maka saya tidak
berwirausaha.
D. Jika saya tidak lulus SMK maka saya
berwirausaha.
E. Jika saya lulus dari SMK maka saya tidak
berwirausaha.
Pembahasan
Kunci C
Invers dari “p → q” adalah “~p →
~q”.
Jadi “Jika saya tidak lulus SMK
maka saya tidak berwirausaha”
14. Kontra posisi dari
pernyataan ¢¢Jika
semua siswa menyukai matematika maka guru senang mengajar¢¢ adalah …
A. Jika guru senang mengajar maka ada siswa yang
tidak suka matematika
B. Jika tidak semua siswa menyukai matematika
maka guru tidak sengang mengajar
C. Jika guru tidak senang mengajar maka ada
siswa yang suka matematika
D. Jika semua siswa menyukai matematika maka
guru tidak senang mengajar
E. Jika guru tidak senang mengajar maka ada
siswa yang tidak suka matematika
Pembahasan
Kunci E
KONVERS DARI P → Q adalah Q → P
Jadi
“Jika guru
tidak senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika”
MATERI KELILING BANGUN DATAR
URAIAN
Keliling bangun datar
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan keliling
bangun datar

15.
Perhatikan gambar di samping!
Keliling bangun
yang diarsir adalah ....
A. 148 cm C.
172 cm E. 184 cm
B. 165 cm d.
176 cm
Pembahasan
Kunci D
Keliling No. 1
= K =
. 2 π r




Keliling No. 2 dan 3 = K = 2
π r
=
2.
. 7 = 44 cm

Keliling No. 4, 5, 6, dan 7
= K = 2 π r
= 2.
. 14 = 88 cm.

Jumlah semua keliling = 44 + 44 + 88 = 176 cm.

MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR (TURUNAN)
URAIAN
Turunan fungsi aljabar
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan turunan fungsi aljabar.
Contoh Soal
16.
Turunan pertama dari y = 

A. y' =
C. y' =
E. y' = 



b. y' =
D.
y' = 


Pembahasan
Kunci B
y =
=
=
=




y' =
= 


MATERI KOORDINAT KUTUB DAN KARTESIUS (TRIGONOMETRI)
URAIAN
Koordinat kutub dan kartesius
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan koordinat
kutub jika diketahui koordinat kartesiusnya.
Contoh Soal
17. Koordinat
kutub dari titik A (3,-
) adalah...

A. A (2
, 30°) C. A (2
,120°) e. A (2
,330°)



B. A (2
, 60°) D. A (2
,240°)


Pembahasan
Kunci E
P (X , Y) → r
=

tg α = 

p (3, - 3) → r =
=
=
= 2




tg α =

α = 30°
karena terletak pada kuadran IV maka
α = 330° , maka Koordinat kutubnya (2
,330°)


MATERI PELUANG KEJADIAN (KOMBINASI)
URAIAN
Peluang kejadian
INDIKATOR
Siswa dapat
menentukan peluang kejadian dari pengambilan sekaligus n buah kelereng dari m
buah kelereng yang tersedia
Contoh Soal
18. Sebuah kantong
yang berisi 5
kelereng merah, 4
kelereng putih dan 6
kelereng hijau. Jika diambil 3 kelereng sekaligus maka peluang terambilnya 2
kelereng hijau dan 1 kelereng merah adalah...
A.
b.
C.
D.
E.






Pembahasan
Kunci B
Ruang sampel :
= 455

Kejadian terambil 2 kelereng
hijau dan 1 kelereng merah adalah

=
15 X 5
= 75
P (2 hijau dan 1 merah) =
=


- Di pelatnas ada 12 atlet basket putra. Dari ke-12 atlet tersebut akan dibentuk tim inti yang tediri dari 5 orang yang akan dimainkan pada pertandingan berikutnya. Banyaknya tim inti yang mungkin dibentuk adalah….
Pembahas :
Banyaknya cara mengambil beberapa
orang pemain, tanpa memperhatikan urutan pemain tersebut. Berarti kondisi
tersebut mengindikasikan kita untuk menerapkan formulasi ‘kombinasi’



MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI (LIMIT)
URAIAN
Limit fungsi trigonometri
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan nilai
limit fungsi trigonometri
Contoh Soal
19. Nilai dari limit 2 Sin x . Cos x adalah ...
x → 0 tg 3x
A.
B.
C.
d.
E.






Pembahasan
Kunci D
limit 2 Sin x . Cos x
x → 0 tg 3x
limit Sin 2x
x → 0 tg 3x
limit Sin 2x X
x
x → 0 tg 3x
x
limit Sin 2x X
limit x
x → 0 x
x → 0 tg 3x
= 2 .
= 


5.
Nilai
lim x → 0 =
=

Pembahasan :









MATERI UKURAN PEMUSATAN (STATISTIKA)
URAIAN
Ukuran pemusatan
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan median
dari data berkelompok
Contoh Soal
20. Perhatikan
tabel
Data Umur di RT
“05 / 04”
Umur
|
Frekuensi
|
7 – 10
11 – 14
15 – 18
19 – 22
23 – 26
27 – 30
|
6
8
10
12
8
6
|
Median dari
tabel diatas adalah ....
A. 17,75 B. 18,25 C. 18,53 d. 18,83 E. 19,25
Pembahasan
Kunci D
Me = LMe + 

= 18,5 +
= 18,5 +
. 4 = 18,5 + 0,33 = 18,83


Tidak ada komentar:
Posting Komentar