malasuih

malasuih
nyantai

Selasa, 29 Mei 2012

Spesifikasi Penulisan



MATERI BILANGAN REAL
URAIAN   
Operasi bilangan real (bilangan bulat, bilangan pecahan, bentuk persen dan pecahan desimal)

INDIKATOR  
Siswa dapat menentukan harga beli jika diketahui harga jual dan persentase kerugian
 
Contoh Soal

1.  Toko buku “Mawar” menjual 1 set alat menggambar seharga Rp315.000,00 dimana  harga  jual  tersebut  termasuk  rugi  10%,  maka  harga  beli  alat menggambar adalah ....
A.  Rp284.500,00
B.  Rp346.500,00
c.  Rp350.000,00
D.  Rp360.000,00
E.  Rp380.000,00

Pembahasan
Kunci C
Harga beli dengan rugi p% adalah = Harga jual ×
Harga beli =  Rp315.000,00 ×
=  Rp315.000,00 ×
=  Rp350.000,00
  Jadi harga beli 1 set alat menggambar Rp350.000,00

2. Pedagang  elektronik  menjual  televisi  14  inci  seharga  Rp1.500.000,00  dan  memperoleh kerugian 25% dari penjualan tersebut, maka harga pembelian pedagang itu adalah ....
A.  Rp  1.750.000,00         C.  Rp. 2.150.000,00               E.  Rp. 2.300.000,00
B.  Rp. 2.000.000,00         D.  Rp. 2.250.000,00
Pembahasan
Kunci B
Harga beli dengan rugi p% adalah = Harga jual ×
Harga beli =  Rp1.500.000,00 ×
      =  Rp1.500.000,00 ×
            =  Rp. 2.000.000,00
  Jadi harga beli 1 televisi  14  inci Rp. 2.000.000,00


 


MATERI BENTUK AKAR
URAIAN    
Bilangan irasional (bentuk akar)

INDIKATOR    
Siswa dapat merasionalkan pecahan bentuk akar.

Contoh Soal
3.   Bentuk rasional dari  adalah ....
A.
B.
c.   
D.   
E. 
Pembahasan
Kunci C

====

4. Bentuk rasional dari  adalah ...
A.          B.        C.                 D.                   E. 
Pembahasan
Kunci C
= ×====




MATERI FUNGSI KUADRAT
URAIAN   
Fungsi kuadrat
INDIKATOR  
Siswa dapat menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui titik puncak P (k, l) serta melalui titik A (x,y)
 
Contoh Soal
 5.  Perhatikan gambar di samping!
Persamaan  kuadrat  yang  sesuai  dengan grafik di samping adalah ....
A.  y = –x2 – 2x – 3           D.  y = x2 + 2x + 3
b.  y = –x2 + 2x + 3            E.  y = x2 – 2x – 3
C.  y = –x2 – 2x + 3
Pembahasan
Kunci B
Fungsi kuadrat yang mempunyai puncak P (M, N) serta melalui titik A (x,y) mempunyai persamaan
Text Box:   y = a (x – M)2 + N
 y  =  –1 (x – 1)2 + 4 
     =  –1 (x2 – 2x + 1) + 4 
     =  –x2 + 2x – 1 + 4 
     =  –x2 + 2x + 3 
 Maka y = –x2 + 2x + 3
y = a (x – M)2 + N
P (1,4) dan A (2,3) → M = 1 → N = 4 → x = 2 → y = 3
 y = a (x – M)2 + N
 3  =  a (2 – 1)2 + 4
 3  =  a . 1 + 4
 3  =  a + 4
 a  =  –1







 

  1. Grafik fungsi kuadrat f(x) = x² + bx + 4 menyinggung garis y = 3x + 4. Nilai b yang memenuhi adalah…..
Pembahasan :
Syarat Kedudukan suatu garis terhadap grafik fungsi kuadrat :
(i)                 Berpotongan di dua titik memotong jika D > 0
(ii)               Berpotong di satu titik (menyinggung) jika D = 0
(iii)             Tidak berpotongan (terpisah) jika D < 0
D = 0
b² - 4ac = 0
(b – 3)² - 4 (1)(0) = 0
(b – 3)² = 0
b = 3



MATERI VOLUME BENDA PUTAR (INTEGRAL)
URAIAN   
Volume benda putar
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan volume benda putar jika di putar terhadap sumbu x sejauh 360°
Contoh Soal
6.  Volume benda putar yang terjadi jika fungsi y = 2x – 4 di batasi   x = 2 dan x = 4, diputar mengelilingi sumbu x sejauh 360° adalah ....
A. π satuan volume               C. π satuan volume                        e. π satuan volume
B. π satuan volume                  D. π satuan volume
Pembahasan
Kunci E
V   = π = π = π
      = π  = π = π
      =  π satuan volume

2.      Nilai dari  .......
Pembahasan :
  
                         
                         
                          

3.      Nilai Dari ……
Pembahasan :
 
                                              
  
           
           
           

                                               
MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
URAIAN   
Persamaan dan pertidaksamaan linear.
INDIKATOR   
Siswa dapat menyelesaikan sistem persamaan linear 2 variabel.
Contoh Soal
7.   Sistem persamaan:   
mempunyai penyelesaian x dan y, maka nilai dari x + y adalah ....
a.  2             B.  3               C.  4                 D.  5                E.  6
Pembahasan
Kunci B
Maka
           
            
Untuk p =
    
       
             q = -1
p =                                         q =
= , maka x = 3                  - 1 = , maka y = - 1
Sehingga x + y = 3 + ( - 1 ) = 2


MATERI NILAI OPTIMUM (PROGRAM LINEAR)
URAIAN   
Nilai optimum fungsi obyektif
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan nilai maksimum dari grafik penyelesaian pertidaksamaan linear.
Contoh Soal
8.  Perhatikan gambar di samping!
Grafik  di  samping  adalah penyelesaian  dari 
pertidaksamaan linear, nilai maksimum untuk
fungsi obyektif f (x,y) = 2x + y adalah ....
A.  28        C.  24               E.  8
b.  26         D.  18
Pembahasan
Kunci B
X
y
f (x,y) = 2x + y
Jumlah
12
10
4
0
0
6
10
8
24 + 0
20 + 6
8 + 10
0 + 8
24
26
18
8

Maka nilai maksimumnya adalah 26

MATERI OPERASI PADA MATRIKS
URAIAN   
Operasi pada matriks
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan nilai dari operasi matriks.
Contoh Soal
9.   Jika A = , B = , maka  = ...
A.                     C.                  e. 
B.                        D. 



Pembahasan
Kunci E
=x=
                                             =



MATERI OPERASI VEKTOR PADA BIDANG DATAR (VEKTOR)
URAIAN   
Operasi vektor pada bidang datar
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan panjang suatu vektor
Contoh Soal
10.   Jika = i + 11j dan = 6i + 13j,  dan  , maka  panjang  vektor  adalah ....
a.  25
B.  17
C.  14
D.  9
E.  4
Pembahasan
Kunci A
= i + 11j ; = 6i + 13j
=7i + 24j
Panjang vektor  =

11. Diketahui vektor  = + 2 + m dan  = 2 - 10 + 2. Jika nilai  .  = 0, maka nilai m = ....
A.  18        B.  9                 C.  6                 D.  3                E.  -16

Pembahasan
Kunci B
 .    = a1 . b1 + a2 . b2 + a3 . b3 = 0
            =    1. 2 + 2 . (-10) + m . 2 = 0
                  2 – 20 + 2m = 0
                  - 18 + 2m = 0
                  2m = 18
                  m = 9






12. Jika sudut antara vektor  dan vektor  adalah α, maka besarnya α = ...
A. 180o      B. 150o            C. 120o            D. 90o              E. 60o
Pembahasan
Kunci E
, maka α = 60o karena cos α =


 

MATERI KELILING KONVERS, INVERS DAN KONTRA POSISI
(LOGIKA MATEMATIKA)
URAIAN   
Konvers, invers, dan kontra posisi
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan invers dari suatu implikasi
Contoh Soal
13.   Invers  dari  implikasi  ”Jika  saya  lulus  dari  SMK  maka  saya  akan berwirausaha” adalah ...
A.  Jika saya tidak berwirausaha maka saya lulus dari SMK.
B.  Jika saya tidak berwirausaha maka saya tidak lulus dari SMK.
c.  Jika saya tidak lulus SMK maka saya tidak berwirausaha.
D.  Jika saya tidak lulus SMK maka saya berwirausaha.
E.  Jika saya lulus dari SMK maka saya tidak berwirausaha.
Pembahasan
Kunci C
Invers dari “p → q” adalah “~p → ~q”.
Jadi “Jika saya tidak lulus SMK maka saya tidak berwirausaha”


14. Kontra posisi dari pernyataan ¢¢Jika semua siswa menyukai matematika maka guru senang mengajar¢¢ adalah …
A.  Jika guru senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika
B.  Jika tidak semua siswa menyukai matematika maka guru tidak sengang mengajar
C.  Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang suka matematika
D.  Jika semua siswa menyukai matematika maka guru tidak senang mengajar
E.  Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika

Pembahasan
Kunci E
KONVERS DARI P → Q adalah Q  → P
Jadi “Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika



MATERI KELILING BANGUN DATAR
URAIAN   
Keliling bangun datar
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan keliling bangun datar
Contoh Soal
15.  Perhatikan gambar di samping!
Keliling bangun yang diarsir adalah ....
A.  148 cm             C.  172 cm                   E.  184 cm
B.  165 cm             d.  176 cm

Pembahasan
Kunci D
Keliling No. 1  =  K  =  . 2 π r
                                 = . 2. . 14 = 44 cm
Keliling No. 2 dan 3 =  K   = 2 π r
                                          = 2. . 7 = 44 cm
Keliling No. 4, 5, 6, dan 7
                                 =  K  =  2 π r
                                          =  2. . 14 = 88 cm.
Jumlah semua keliling = 44 + 44 + 88 = 176 cm.

 






MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR (TURUNAN)
URAIAN   
Turunan fungsi aljabar
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan turunan fungsi aljabar.
Contoh Soal
16.  Turunan pertama dari y =
A.  y'  =                       C.  y'  =                     E.  y'  =
b.  y'  =                D.  y'  =

Pembahasan
Kunci B
y    =  = ==
y'   =  =


MATERI KOORDINAT KUTUB DAN KARTESIUS (TRIGONOMETRI)
URAIAN   
Koordinat kutub dan kartesius
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan koordinat kutub jika diketahui koordinat kartesiusnya.
Contoh Soal
17.   Koordinat kutub dari titik A (3,-) adalah...
A.  A (2 , 30°)              C.  A (2 ,120°)                   e.  A (2 ,330°)
B.  A (2 , 60°)              D.  A (2 ,240°)
Pembahasan
Kunci E
P (X , Y)    →  r = 
       tg α =
  p (3, - 3) →   r =   =  =    = 2 
                   tg α =
           α = 30°
karena terletak pada kuadran IV maka α = 330° , maka Koordinat kutubnya (2,330°)    
 

MATERI PELUANG KEJADIAN (KOMBINASI)
URAIAN   
Peluang kejadian
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan peluang kejadian dari pengambilan sekaligus n buah kelereng dari m buah kelereng yang tersedia
Contoh Soal
18.   Sebuah  kantong  yang  berisi  5  kelereng  merah,  4  kelereng  putih  dan  6 kelereng hijau. Jika diambil 3 kelereng sekaligus maka peluang terambilnya 2 kelereng hijau dan 1 kelereng merah adalah...
A.        b.               C.              D.              E. 






Pembahasan
Kunci B
Ruang sampel : = 455
Kejadian terambil 2 kelereng hijau dan 1 kelereng merah adalah
        
                     = 15 X 5
                     = 75
 P (2 hijau dan 1 merah) = =
  1. Di pelatnas ada 12 atlet basket putra. Dari ke-12 atlet tersebut akan dibentuk tim inti yang tediri dari 5 orang yang akan dimainkan pada pertandingan berikutnya. Banyaknya tim inti yang mungkin dibentuk adalah….
Pembahas :
Banyaknya cara mengambil beberapa orang pemain, tanpa memperhatikan urutan pemain tersebut. Berarti kondisi tersebut mengindikasikan kita untuk menerapkan formulasi ‘kombinasi’
    

MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI (LIMIT)
URAIAN   
Limit fungsi trigonometri
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan nilai limit fungsi trigonometri
Contoh Soal
19.   Nilai dari limit      2 Sin x . Cos x   adalah ...
                     x → 0           tg 3x
A.          B.                 C.                 d.                 E. 
Pembahasan
Kunci D
limit      2 Sin x . Cos x
x → 0           tg 3x
limit      Sin 2x
x → 0    tg 3x
limit     Sin 2x  X  x 
x → 0   tg 3x       x
limit    Sin 2x  X  limit        x      
x → 0     x          x → 0   tg 3x
= 2 . =






5.      Nilai lim x → 0 =   =
Pembahasan :
 =  
                                       
                                   
                                   
                                   


 

MATERI UKURAN PEMUSATAN (STATISTIKA)
URAIAN
Ukuran pemusatan
INDIKATOR   
Siswa dapat menentukan median dari data berkelompok
Contoh Soal
20.   Perhatikan tabel
Data Umur di RT “05 / 04”
Umur
Frekuensi
7 – 10
11 – 14
15 – 18
19 – 22
23 – 26
27 – 30
6
8
10
12
8
6
Median dari tabel diatas adalah ....
A.  17,75               B.  18,25          C.  18,53          d.  18,83          E.  19,25
Pembahasan
Kunci D
 Me = LMe +
       = 18,5 +  = 18,5 +  . 4 = 18,5 + 0,33 = 18,83









Tidak ada komentar:

Posting Komentar