|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PEMERINTAH KOTA
PADANG |
DINAS PENDIDIKAN |
SMK NEGERI 5
PADANG |
Kelompok Teknologi
& Industri |
Jalan
Beringin No. 4 Lolong Padang |
|
|
|
|
|
MODEL KURIKULUM TINGKAT
SATUAN PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SILABUS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Satuan Pendidikan |
: |
SMK NEGERI 5 PADANG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran |
: |
Ilmu Statika dan Tegangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kelas/Semester |
: |
X / 1 dan 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu |
: |
36 x 45 Menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi |
: |
DKK.2. Menerapkan Ilmu
Statika dan Tegangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi |
Indikator |
Materi |
Kegiatan Pembelajaran |
Nilai |
KKM |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber / |
Dasar |
Pembelajaran |
TM |
PT |
KMTT (Kegiatan |
Karakter |
|
|
TM |
PS |
PI |
Bahan / |
|
|
|
|
(Tatap Muka) |
(Penugasan Terstruktur) |
Mandiri Tidak Terstruktur) |
|
|
|
Alat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Menjelaskan |
- |
Mengidentifikasi besaran skalar, |
Besaran Vektor |
Menjelaskan : |
* Mengerjakan tugas |
* Mengerjakan tugas PR |
* Religius |
7,5 |
|
|
|
|
|
besaran vektor, |
|
besaran vektor, sistem satuan, |
dan skalar, sistem |
* Pengertian |
dalam rangka |
dan menyelesaikan |
* Jujur |
|
|
|
|
|
|
sistem satuan |
|
dan hukum newton dengan benar |
satuan dan hukum |
besaran |
pendalaman materi |
laporan praktek |
|
|
|
|
|
|
|
dan hukum |
- |
Mengklasifikasi contoh besaran |
newton I, II, III |
vektor dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
newton |
|
vektor dan skalar serta penerapan |
|
skalar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
hukum newton |
|
* Hukum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
newton I, II, III |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Contoh |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
besaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
vektor dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
skalar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Menerapkan |
- |
Menggambar vektor-vektor gaya |
Besaran Vektor |
|
|
|
* Disipilin |
7,5 |
|
|
|
|
|
besaran vektor |
- |
Menyusun vektor-vektor gaya |
pada gaya, |
|
|
|
* Kerja |
|
|
|
|
|
|
pada gaya momen |
- |
Menguraikan vektor-vektor gaya |
momen dan |
|
|
|
keras |
|
|
|
|
|
|
dan kopel |
- |
Menghitung resulte dengan |
kopel |
|
|
|
* Jujur |
|
|
|
|
|
|
|
|
cara analitis dan grafis |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menentukan nilai / harga sinus, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
cosinus dan tangen untuk |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sudut-sudut istimewa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Membuat diagram |
- |
Mengidentifikasi gaya lintang, |
Menghitung |
|
* Mengerjakan tugas |
* Mengerjakan tugas PR |
* Religius |
7,5 |
|
|
|
|
|
gaya normal, |
|
gaya normal, momen pada |
momen, gaya |
|
dalam rangka |
dan menyelesaikan |
* Jujur |
|
|
|
|
|
|
momen gaya, |
|
konstruksi bangunan |
lintang dan |
|
pendalaman materi |
laporan praktek |
* Mandiri |
|
|
|
|
|
|
kopel pada |
- |
Menjelaskan macam-macam |
gaya normal |
|
|
|
* Kerja |
|
|
|
|
|
|
konstruksi |
|
beban atau muatan pada |
|
|
|
|
keras |
|
|
|
|
|
|
bangunan |
|
konstruksi bangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menjelaskan macam-macam |
Diagram bidang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tumpuan pada konstruksi |
momen, gaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bangunan |
lintang dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menggambarkan bidang gaya |
gaya normal |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lintang, gaya normal, momen |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pada konstruksi gelagar 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tumpuan dengan beban titik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menggambarkan bidang gaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lintang, momen pada |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
konstruksi gelagar 2 tumpuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan beban terbagi rata |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menggambarkan bidang gaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lintang, gaya normal, momen |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pada konstruksi gelagar 2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tumpuan dengan beban |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kombinasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menggambarkan bidang gaya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lintang, gaya normal, momen |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pada konstruksi gelagar 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
tumpuan atau lebih dengan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
sistem gelagar gerber |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Menerapkan |
- |
Mengidentifikasi teori |
Teori |
|
|
|
* Religius |
|
|
|
|
|
|
teori keseimbangan |
|
keseimbangan pada |
keseimbangan |
|
|
|
* Jujur |
|
|
|
|
|
|
|
|
konstruksi bangunan |
pada konstruksi |
|
|
|
* Kerja |
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menghitung konstruksi rangka |
bangunan |
|
|
|
keras |
|
|
|
|
|
|
|
|
batang dengan metoda titik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
buhul, ritter dan cremona |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Menerapkan teori |
- |
Mengidentifikasi tegangan dan |
Teori tegangan |
* Menghitung |
|
|
* Religius |
7,5 |
|
|
|
|
|
tegangan pada |
|
regangan pada konstruksi |
pada konstruksi |
|
|
|
* Disipilin |
|
|
|
|
|
|
konstruksi bangunan |
|
bangunan |
bangunan |
|
|
|
* Mandiri |
|
|
|
|
|
|
|
- |
Menerapkan rumus-rumus |
|
|
|
|
* Kerja |
|
|
|
|
|
|
|
|
tegangan dan regangan untuk |
|
|
|
|
keras |
|
|
|
|
|
|
|
|
mendimensi / merencanakan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ukuran balok, kolom dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pondasi bangunan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar