malasuih

malasuih
nyantai

Minggu, 04 November 2012

RPP ILMU STATIKA DAN TEGANGAN



TUGAS
METODE MENGAJAR KHUSUS 2 ( MMK2 )
RPP ILMU STATIKA DAN TEGANGAN











Oleh :
MAHYU HENDRI SUSILO
2011/1108087
DOSEN PEMBIMBING
Dr. FAHMI RIZAL,MT M.Pd







PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan                        : SMK NEGERI 5 PADANG
Kelas                                     : x / 1
Semester                              : 2
Program Keahlian              : Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Mata Pelajaran                    : Ilmu Statika dan Tegangan
Jumlah Pertemuan                        : 1 x pertemuan (90menit)
                                               



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menerapkan Ilmu Statika dan Tegangan



1.    Menjelaskan Besaran Vektor,
2.    Menjelaskan sistem satuan dan
3.    Menjelaskan hukum newton


Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
1.    Besaran Vektor dapat dijelaskan
2.    sistem satuan dapat dijelaskan dan
3.    hukum newton dapat dijelaskan.
Siswa dapat menjelaskan besaran vektor dan Besaran Skalar.  
Siswa dapat memberi contoh besaran vektor dan besaran skalar.
Siswa dapat menyelesaikan contoh soal yang berhubungan dengan besaran vector, besaran skalar, serta hukum III Newton


Materi Ajar                            :  Fakta:
                                                            Vektor dan scalar terdapat dalam ilmu statistik
                                                 
                                                   Konsep:
                                                Besaran vector merupakan besaran yang memiliki nilai dan arah seperti perpindahan dan kecepatan. Sedangkan besaran scalar merupakan besaran yang  hanya memiliki nilai tetapi tidak memiliki arah, seperti massa, jarak dan volume. 
                                                  
                                                   Prinsip:
                                                Perbedaan besaran vector dan scalar dapat dilihat dari besaran dan arahnya.




                                                Prosedur:
                                                Penjelasan mengenai pengertian besaranPenjelasan tentang konsep-konsep dari besaran vector dan scalar.
                                                Contoh tentang besaran vector dan besaran skalar.
                                                Penjelasan tentang Hukum Newton I,II,III

                                                                               

Alokasi Waktu                     : 
BEBAN BELAJAR
WAKTU
BENTUK KEGIATAN/TUGAS
TM
90
Pengertian  Besaran Vektor dan Skalar
Hukum Newton I,II,II
Contoh besaran vector dan scalar
PT
55
Siswa mengerjakan tugas
KMTT
0
Siswa mengerjakan PR dan laporan praktek


Metode Pembelajaran       :  Tanya jawab, diskusi informasi, dan pemberian tugas

Kegiatan Pembelajaran       :

KEGIATAN
WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
KETERANGAN
A.   Pendahuluan



1.    Salam pembuka
1 


2.    Mengabesen siswa
3
Daftar hadir siswa

3.    Mengontrol keadaan kelas
2
Alat tulis

4.    Membangkitkan motivasi
2
Papan tulis

5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran
2


B.   Inti



1.     Siswa dibimbing untuk dapat mendiskripsikan tentang besaran vector dan besaran scalar (eksplorasi)
10
Handout

2.     Siswa dibimbing untuk mampu memberikan pendapat tentang system satuan yang diketahui oleh peserta didik (eksplorasi)
10



3.     Siswa dibimbing untuk mampu merumuskan masalah yang terjadi pada hokum Newton III(eksplorasi)
10
Papan tulis

4.     Siswa diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru berupa tugas hukum newton III, dan juga besaran. (elaborasi)
15


5.     Guru memberi arahan agar siswa dapat berfikir secara kreatif, kritis dan logis untuk menjawab tugas-tugas yang diberikan (elaborasi)
10


6.      Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil deskripsi yang telah siswa lakukan mengenai bsaran vektor,skalar, sisten satuan dan hukum newton III (konfirmasi)
10
Papan tulis

Alat tulis

C.   Penutup



1.      Merangkum dan menyimpulkan pelajaran

5


2.      Evaluasi
5


3.      Memberi informasi tentang materi pelajaran untuk pertemuan berikutnya
5
Papan tulis

Alat tulis


Penilaian Hasil Belajar    :  1. Jelaskanlah perbedaan besaran vektor dan besaran skalar serta
2. Jika vektor A dan B berlawanan arah, bagaimana hasil perkalian      titik dari vektor A dan B ? jelaskan dengan contoh !
Pembahasan :
  
Kunci Jawaban:
1.      Besaran vector adalah besaran yang mempunyai nilai dan arah
contoh : perpindahan, kecepatan,gaya
Besaran skalar adalah besaran yang mempunyai nilai
contoh : panjang, massa, suhu.
2.      Jika vektor A dan vektor B berlawanan arah maka sudut yang dibentuk = 180o. Cos 180o = -1. Dengan demikian hasil perkalian titik antara vektor A dan vektor B bernilai negatif.
A.B = AB cos 180º = AB (-1) = -AB
Contoh :
Misalnya besar vektor A = 4 satuan dan besar vektor B = 5 satuan. Kedua vektor ini berlawanan arah…
A.B = AB cos 180º = (4)(5)(-1) = -20 satuan







3.      Mesin sebuah mobil sedan mampu menghasilkan gaya sebesar 10000 N. Massa pengemudi dan mobil tersebut sebesar 1000 kg. Jika gaya gesekan udara dan gaya gesekan antara ban dan permukaan jalan sebesar 500 N, berapakah percepatan mobil tersebut ?
Panduan jawaban :
Terlebih dahulu kita tuliskan persamaan Hukum II Newton :
Ingat bahwa gaya gesekan bekerja berlawanan arah dengan gaya yang menggerakan mobil. Selisih antara kedua gaya tersebut menghasilkan gaya total. Karena yang ditanyakan adalah percepatan mobil maka persamaan di atas kita tulis kembali sbb :


Sumber belajar                   :           Ilmu Gaya Teknik Sipil 1, Arif Darmail dan Ichwan, 1979
Ilmu Gaya Teknik Sipil 2 , Arif Darmail dan Ichwan, 1979

Mekanika teknik statis tertentu, Bustam Husein, 1989


Tidak ada komentar:

Posting Komentar